SELAMAT DATANG DI BLOG PRIBADIKU

SILABUS
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi: 1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat
1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
Gejala dan Ciri-ciri Gelombang
• Mendemonstrasikan gelombang transversal
• Mengkaji literatur untuk membedakan karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik
• Menemutunjukkan sifat-sifat umum gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, danpolarisasi) melalui percobaan
• Merumuskan persamaan gelombang (simpangan, kecepatan, fase, dan energi) melalui diskusi kelas
• Melakukan percobaan Melde • Mengidentifikasi karakteristik gelombang transfersal dan longitudinal
• Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik
• Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, danpolarisasi) serta penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis 16 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa
Alat: katrol, beban gantung, penggetar, power suply
1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya
Gelombang Bunyi
Gelombang cahaya
• Mendiskusikan gejala dan ciri gelombang bunyi ( termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan kajian literature
• Mendiskusikan pemecahan masalah bunyi dan cahaya (interferensi, difraksi, polarisasi, efek dopler, taraf intensitas) secara klasikal • Mendeskripsikan gejala dan ciri-iri gelombang bunyi
• Menerapkan asas Dopller untuk gelombang bunyi
• Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya
Penugasan, test tertulis 6 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan:
Alat:
1.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi Manfaat Gelombang Bunyi (ultrasonic, infrasonic)
Gelombang Cahaya (warna cahaya, penerapan interferensi dan difraksi cahaya dalam teknologgi fotocopy dan lain-lain) • Melakukan kajian literatur pemanfaatan bunyi dan gelombang cahaya dalam kehidupan secara individu melalui berbagai sumber
• Memaparkan pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literature (misalnya pada USG)
• Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam teknologi (misalnya pada teknologi photocopy, CD, OHP dan Scan) • Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi
• Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi Penugasan, test tertulis 6 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan:
Alat:


Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat
2.1 Memformulasi-kan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Listrik Statis
• Gaya elektrostatik
• Medan listrik dan hukum Gauss
• Potensial dan energi potensial listrik
• Kapasitor keping sejajar
• Rangkaian kapasitor • Mengidentifikasi karakteristik gaya elektrostatik dan medan listrik
• Merumuskan gaya Coulomb, medan listrik, potensial listrik, dan hukum kekekalan energi mekanik dalam medan listrik, serta kapasitor melalui diskusi kelas
• Menghitung gaya Coulomb, medan listrik, potensial dan energi potensial, kapasitor rangkaian, serta energi kapasitor dalam diskusi pemecahan masalah • Mendeskripsikan gaya elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik
• Mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss untk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinu
• Memformulasikan energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya/medan listrik dan potensial listrik
• Memformulasikan prinsip kerja kapasitor keping sejajar Penugasan, test tertulis 14 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan:
Alat:
2.2 Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi
Induksi Magnetik
• Percobaan Oersted
• Hukum Ampere
• Medan magnet sekitar kawat berarus (lurus, melingkar, solenoida)
• Gaya magnetik (gaya Lorentz) • Mengidentifikasi karakteristik medan magnet di sekitar kawat berarus dan gaya magnetik
• Memformulasikan kuat medan magnetik dan gaya magnetik pada berbagai keadaan (alat) dalam diskusi kelas • Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus
• Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak
• Menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi seperti pada bel listrik atau motor listrik Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis 8 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan:
Alat:
2.3 Memformulasi-kan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya
Induksi Elektromagnetik dan Arus Bolak-Balik
• Induksi Faraday dan hukum Lenz
• Ggl dan arus induksi
• Generator dan transformator
• Arus dan tegangan bolak-balik
• Rangkaian RLC dan prinsip resonansi • Melakukan eksperimen untuk menyelidiki induksi elektromagnetik dan pengukuran arus bolak-balik
• Mendiskusikan formulasi induksi Faraday dalam berbagai keadaan dan karakteristik pengukuran serta parameter arus bolak balik pada rangkaian RLC
• Menghitung ggl dan arus induksi dalam berbagai keadaan serta parameter arus bolak-balik dalam berbagai pemecahan masalah
• Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik
• Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi (misalnya generator dan transformator)
• Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi
• Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), test tertulis 14 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa
Alat: , power supy, kawat/kabel, magnet batang/ magnet U, amperemeter


Makassar, Juli 2009
Kepala SMAN 13 Makassar Guru Bidang Studi



Mansur Kadir, S.Pd Nursyamsiah, S.Pd.
NIP. 195603161981031005 NIP. 196707281988122004

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
saya seorang guru fisika di SMAN 13 MKS

JAM

KALENDER